1. Pengertian Perusahaan
Perusahaan
merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa.
Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari
keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut
pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
2. Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
A. Pengertian / Arti Definisi Lokasi
Perusahaan
Lokasi
Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu malakukan kegiatan fisik.
Kedudukan perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan
perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan.
B. Faktor-Faktor Pokok Penentu
Pemilihan Lokasi Industri:
- · Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
- · Letak dari pasar konsumen
- · Ketersediaan tenaga kerja
- · Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
- · Ketersediaan energi
C. Jenis-Jenis Lokasi Perusahaan
- · Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah.
- · Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah.
- · Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam.
- · Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi.
3.
Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan adalah suatu unit
kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi bukan
untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga mempunyai tujuan membuka kesempatan
kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian kepada masyarakat.
A. Tujuan Pendirian Perusahaan
Di badakan menjadi 2, yaitu :
- · Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan
untuk mempertahankan eksistensinya.
- Tujuan social
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan,
penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
B. Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
System adalah suatu kesatuan dari
unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam
rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu system karena
merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau
tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa
untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan
masyarakat,maupun tanggung jawab social
C. Sifat Sistem Perusahaan
Ada beberapa sifat :
- · Kompleks
- · Sebagai suatu kesatuan / unit.
- · Sifatnya beragam.
- · Saling tergantung.
- · Dinamis
D. Fungsi-fungsi Perusahaan
Ada 2 fungsi perusahaan apabila
kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer, terkoordinir, terintegrasi
dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
- Fungsi operasi : Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
- Fungsi manajemen : Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
E. Ciri-ciri Perusahaan
Mencerminkan kekhasan yang membuat
perusahaan bersangkutan mudah dikendali.Ciri umumnya :
- · Operatif
- · Koordinatif
- · Regular
- · Dinamis
- · Forma,
- · Lokasi
- · Pelayanan Bersyarat
4.
Lingkungan
Perusahaan
Keseluruhan dari factor-faktor
ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan
dibedakan menjadi :
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahan.Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
·
Lingkungan eksternal
makro adalah lingkungan eksternal yang
berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
· Lingkungan eksternal
mikro adalah lingkungan eksternal yang
pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
2. Lingkungan Internal
Lingkungan perusahaan yang
factor-faktornya berada dalam kegiatan produksi dan .langsung mempengaruhi
hasil produksi.
5. Pendekatan Dalam Bisnis dan Lingkungan
Lingkungan
baik dalam dunia bisnis memiliki peranan yang besar. Dimana lingkungan yang
baik diperlukan untuk membangun bisnis. Maka untuk membangun bisnis yang baik,
para pelaku bisnis harus melakukan pengolahan lingkungan baik dan benar. Ini
merupakan dorongan bisnis karena berpengaruh baik bagi bisnis dan lingkungan
sekitar. Pemakaian bahan-bahan berbahaya saat ini banyak mendapat tekanan dari
konsumen. Tak jarang ada konsumen yang membatalkan transaksi akibat pemakaian
bahan berbahaya tersebut.
Sumber :
http://qeyty.blogspot.com/2008/10/bab-i-bisnis-dan-lingkungan_06.html
http://arshiffer.blogspot.com/2009/11/jenis-letak-perusahaan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar